|

Mengecek IP Address Komputer

Wiralodra.com – Sebagai netter, tentu kita sering melihat kombinasi angka-angka yang bagi sebagian orang hal itu merupakan sesuatu yg biasa, dan bagi sebagian yang lain hal itu merupakan sesuatu yg aneh. Hal ini karena tidal semua orang mengetahui apa itu IP Address.

IP Address (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet, yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Untuk komputer yg berbasis Windows, pengecekan bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa lewat DOS prompt dengan mengetik C:>ipconfig , atau lewat properties-nya network connection.

Namun jika kita terhubung ke internet yang bersifat global, tidak selalu IP yang kita cek di lokal sama dengan IP yang akan dibaca oleh host komputer lain di dunia, bisa saja IP internet provider kita yang terbaca. Pengecekan IP ini bisa dilakukan dengan tools yang tertanam di server situs-situs tertentu. Coba kita cek disalah satu web ini berapakah IP Address kita <klik> yang terbaca oleh host lain di internet.

Semoga bermanfaat.

Tags: ,

Leave a Reply

Free WordPress Theme