|

Ma’had Al Zaytun

Indramayu – Pernah dengar pondok pesantren Ma’had Al Zaytun?? Itu lho, yang katanya merupakan ponpes bertaraf internasional dan termegah se-Asia Tenggara? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung kesana?

mahad-al-zaytun

Pesantren Ma’had Al Zaytun adalah pondok pesantren yang berada di kawasan desa Mekarjaya, Gantar – Indramayu, Jawa Barat. Letak ponpes megah ini kurang lebih sekitar 11 km di sebelah tenggara Haurgeulis.

Ponpes yang didirikan pada tahun 1996 ini berdiri megah di atas areal tanah seluas 1200 ha. Ditengah banyaknya isu miring mengenai tempat pendidikan ini, ternyata ada banyak hal menarik yang terdapat disana.

al-zaytunSalah satu perbedaan antara Al Zaytun dengan ponpes-ponpes yang lainnya adalah ketersediaannya semua SDA yang diproduksi sendiri. Al Zaytun memiliki lahan khusus seluas 1000 ha yang digunakan untuk lahan perkebunan, peternakan, holtikultura dan beberapa industri lain sebagai penunjang . Di ponpes ini juga terdapat stadion olahraga, danau buatan, tempat pembelanjaan, restoran, dan masjid megah yang diberi nama Rahmatan lil’Alamin, yang konon kelak merupakan salah satu masjid terluas dan tertinggi di dunia.

Jika Anda datang dari arah selatan (Sumedang & Majalengka) atau jalan raya Cikamurang (Palimanan – Sanca – Bantarwaru – Subang), ambil jalur ke utara pada pertigaan Sanca. Pertigaan tersebut mempertemukan 3 jalur, yaitu Cirebon, Subang dan Indramayu (Al Zaytun).map-al-zaytun

Rute perjalanan Sanca – Gantar sekitar 8 km, dengan kondisi jalan sampai saat ini cukup rusak (menunggu proses perbaikan).
Tepat sebelum Anda berada di pertigaan Gantar, ambil arah ke timur (belok kanan). Ini adalah jalan utama / pintu gerbang menuju Al Zaytun.

Jika Anda datang dari arah pantura, berhentilah di Patrol (sekitar pasar). Disana ada jalur ke selatan menuju Haurgeulis, dengan jarak tempuh Patrol-Haurgeulis sekitar 12 km. Ambil jalur tersebut.

Jika Anda menggunakan kereta api, turunlah di stasiun Haurgeulis. Disini Anda bisa langsung mengambil arah ke timur (lewat depan pasar Haurgeulis, menuju arah Alun-alun).lokasi-al-zaytun
Dari kota (bundaran HI, utara Alun-alun), ambil jalur ke arah Gantar. Disitu Anda akan melalui Jl. Siliwangi + Jl. Raya Haurgeulis – Gantar sepanjang kurang lebih 8 km. Hati-hati jika melewati jalur ini karena keadaan jalan yang rusak.
Ketika sampai di pertigaan Gantar, ambil arah ke selatan (belok kanan). Awas, jangan sampai salah arah (Gantar belok kiri)… :D . Sekitar beberapa meter setelah tikungan, ambil jalur ke kiri lagi (ke arah timur).
Terussss saja. Permukaan jalan disini lumayan bagus.
Setelah kurang lebih 2,5 km, Anda akan melewati sebuah jembatan sungai kecil dengan pagar dinding kokoh di depannya. Ya, Anda telah sampai di kawasan Ma’had Al Zaytun.
Source: http://west-haurgeulis.blogspot.com/

Tags: , , , , , , , , ,

82 Responses for “Ma’had Al Zaytun”

  1. maryanisholeha says:

    Allahumma sholii alaa sayyidiinaa Muhammad wa a’laa alaihi sayyidina Muhammad…………
    kembali kepada Al-Quran dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup umat islam….
    Ya Allah lindungilah kami umat Muhammad…di jaman akhir yg begitu banyak goda’an iman . Ingatlah sahabat kita kembalikan kepada Allah, Allah dan Allah.
    kita bebas berpendapat tapi 1 ingatlah Allah…yg menciptakan kita…Yang memberikan petunjuknya melalui Al-Qur’an dan Al-Hadist .Allahu Akhbar

  2. Fatimah says:

    :) :(

  3. dede says:

    NII bagus, tapi dalam pelaksanaan Infaq ada unsur paksaan juga bagi wanita tidak diwajibkan berjilbab, bahkan meninggalkan sholatpun tidak apa2 , itu yang kurang setuju..”

  4. fachrul fatih says:

    masya allah al zaytun itu bagus,kok mala’ di lecehkan

  5. Indonesia mau jadi NII kek, PKI kek, sosialis kek, atau kerajaan majapahit kek, atau mau jadi negara bagian USA yg ke 51 kek gue gak pedulilillliiii……yang penting peranggggggg……..hidup aoe2player….hidup SARACENS…!!!!

  6. Dikal says:

    Sunah para rasul menentang pemerintahnya yg membuat peraturan/hukum tdk sesuai dgn yg diwahyukan Allah, yg akibatnya bs merusak alam.. Untuk itulah hendaknya ada golongan yg mempelopori kearah yg makruf. Dan itu tdk mudah, butuh kesabaran dan pengorbanan harta dan jiwa. Akan dimusuhi oleh yg salah/belum paham. Dan jalurnya melalui pendidikan dgn mempersiapkan pemimpin2 masa depan yg berwawasan luas, toleransi dan mengutamakan perdamaian. Smg syaikh panji gumilang slalu dilindungi Allah dlm mengemban amanah yg mulia bagi masa depan dunia yg damai dgn mendidik umat2 terbaik mnjdi kholifah fil ardi… Amin ya robalalamin.

  7. bintu says:

    WALLAHU SAMII’UMBASYIRR

  8. Raden Gagan says:

    Saya mendukung Pondok Pesantren Al Zaitun… Karena kewajiban sebagai umat muslim membela membantu mendukung dan memperjuangkan

  9. SHEVA says:

    jika ada warga negara indonesia yang ingin NEGARA ISLAM saya pikir itu hak asasi manusia,

  10. dumasari harahap says:

    saya orang tua santri alumni ponpes al zaytun, lebih kurang 8 tahun saya mondar mandir medan-indramayu. sebelum anak saya sekolah disana (2001) saya mencari tahu tentang keadaan dan kondisi ponpes ini, saya melihat sangat positif untuk pencerdasan anak indonesia, mulai dari makanan (yang sangat higienis dan bersih) anak-anak dilatih untuk mandiri, disiplin, kreatif dan inovasi, dan jadwal mereka dari bangun sampai tidur terjadwal dengan sangat ketat dengan kegiatan positif (mengaji, diskusi, olahraga, kepramukaan, latihan berpidato dalam berbagai bahasa, kesenian sesuai dengan bakat dari anak-anak santri). sehingga saya tidak ragu untuk meninggalkan anak saya menggali ilmu disana (PonPes Al Zaytun) anak saya nomor 4 (Yulianti Azani Putri) masuk tahun 2001 dan yang nomor 5 (Hijrina Roito Lastri Putri) mereka sekarang sedang kuliah di Bandung dan saya melihat pengaruh positif dari bimbingan selama di PonPes Al Zaytun (mereka lebih mandiri, punya banyak teman di seluruh indonesia dan masih berhubungan baik sampai sekarang, juga ibadahnya sangat baik karena mereka dipersiapkan untuk menjadi anak yang cerdas dan Kader Pemimpin masa depan yang beradab).

  11. imam says:

    ah jngn percaya tuch smua fitnah w yakin zaytun tuch ponpes yg perfect d’mata zaytun tuch pesantren terkeren yg pernah w lait n w dah pernah k’sno n w takjub bner

  12. Cep Hendra says:

    Tahukah kalian….perkara yang memakan perkara lainnya….???? diantaranya adalah
    1. Amarah akan merusak akal
    2. Hasud akan merusak amal
    jadi janganlah kita termasuk pada golongan orang-2 yang suka berbuat hasud…. kalo tidak tau lebih baik diam…..wallahu’alam bissowab….. semoga allah senantiasa melindungi pondok pesantren dari campur tangan dan hasudnya orang-2 munafik dan fasik….amin

  13. aris says:

    hati2…ada tujuan lain dibalik itu smua.

  14. SAFRIZAL says:

    SAYA MEMBERI KOMENTAR… TIDAK ADA YANG SALAH DENGAN AJARAN ISLAM DAN NEGARA ISLAM SEPANJANG BERPEGANG TEGUH KEPADA SUNAH RASUL DAN KITAP SUCI ALQURAN. YANG SALAH ADALAH OKNUM,….. JUJUR SAYA KATAKAN SAYA TIDAK SEPENDAPAT DENGAN NEGARA ISLAM INDONESIA KARENA NKRI MASYARATNYA MAJEMUK MAYORITAS MUSLIM, KITA AKAN PECAH BELAH DAN DIAMBANG KEHANCURAN BERSAMA, LEBIH TEPAT SY BERPENDAPAT NEGERI INI PORAK PORANDA, MASYARAKAT MENDERITA, KORUPSI MERAJA LELA, WANITA DIKIRIM KELUAR NEGERI UTK MELACUR, KARENA ULAH PEJABAT KORUPTOR DAN PELAKSANA NEGARA YG KORUPTOR, KETIDAK ADILAN PEMBANGUNAN DIMANA-MANA MAKA PERLU RUBAH OTAK PEJABAT DENGAN MEMBERLAKUKAN UU HUKUMAN MATI AGAR MEMBUAT JERA DAN TAKUT, TUNTUTAN TIDAK BERLAKU SURUT DIDALAMNYA ADA PEMBUKTIAN TERBALIK, ITU SEMUA DEMI KEBAIKAN BANGSA DAN RAKYAT KEDEPANNYA KAMI MENUNGGU DUKUNGAN MASYARAKT. TERIMAKASIH

  15. wahari nuris says:

    janganlah kau mau diadu domba, janganlah kau mau dihasut, janganlah kau mau diperalat, janganlah kau mau diperbudak oleh penguasa, karena sudah saatnya kita semua yang merasa umat islam (bukan islam ktp) bersatu bahu membahu menyatukan hati, pikiran dan langkah untuk mengganti sistem yang ada dan mewujudkan kehidupan yang lebih baik dan diridhoi Allah SWT yakni kehidupan dalam naungan khlilafah islam.

  16. sapari says:

    Inilah indonesia sekarang, kalau kita telaah lebih mendalam kita sulit memahaminya,karena terlalu banyak yang mengatur negara ini,sehingga stau sama lainnya saling membenarkan diri masing masing, belum lagi indikasi materi, jabatan, kekuasaan yang dikedepankan, yang akhirnya : YANG BENAR JADI SALAH YANG SALAH JADI BENAR, YANG HARAM JADI HALAL YANG HALAL JADI HARAM. Mudah2an ponpes al-zaytun akan tegar menhadapi goncangan para pencari Tuhan, agar bisa membimbing para umat indonesia yang sudah kehilangan arah untuk menuju surga, amiin.

  17. maria says:

    selama saya sekolah di ma’had al-zaytun,saya tidak penah diajarkan yang menyimpang dari agama islam, sholat 5 waktu berjamaah dimasjid seperti biasa,tidak ada yang ditambah-tambahkan dan dikurang-kurangkan, membaca alqur’an atau tahfiz alquran ba’da sholat magrib dan subuh, tidak ada yang sesat di al-zaytun, syekh as panji gumilang selalu memberikan kami nasehat yang baik,jangan terlebih dahulu menilai al-zaytun itu sesat, sebelum melihat sendiri al-zaytun itu seperti apa, di al-zaytun, bendera indonesia, bendera al-zaytun selalu dikibarkan di setiap sudut gedung yang ada di al-zaytun, itu karena perintah dari syekh panji gumilang, karena syekh panji gumilang sangat mencintai tanah air kita indonesia, sistem pendidikan di al-zaytun juga sangat baik.

  18. arif nugroho (persada) says:

    alhamdulillah… selama saya di didik di ma’had alzaytun yang dulu di kalangan persada (persatuan angkatan ke II) biasa di sebut dengan AIS (alzaytu international school) selama 6 tahun dari tahun 2000 sampai tahun 2006, tidak ada yang sesat, banyak pejabat pejabat negara datang untuk melihat PONPES alzaytun… sholat tetap lima waktu, tahfid alqur’an ba’da magrib dan subuh dan sebagainya tidak ada yang berbeda dengan ajaran islam yang sesungguhnya…. bahkan syieh AS Panji Gumilang selalu memberikan nasehatnya untuk cinta tanah air… INDONESIA!!!! sampai – sampai bendera merah putih yang ada di setiap gedung di alzaytun, kecuali untuk diganti dengan bendera merah putih yang baru karena sudah rusak, karena dulu saya pernah dengar mengapa alasan bendera merah putih tidak pernah diturunkan yaitu berpatokan dengan lagu wajib yang berbunyi:
    Berkibarlah benderaku
    Lambang suci gagah perwira
    Di seluruh pantai Indonesia
    Kau tetap pujaan bangsa

    Siapa berani menurunkan engkau
    Serentak rakyatmu membela
    Sang merah putih yang perwira
    Berkibarlah Slama-lamanya

    Kami rakyat Indonesia
    Bersedia setiap masa
    Mencurahkan segenap tenaga
    Supaya kau tetap cemerlang

    Tak goyang jiwaku menahan rintangan
    Tak gentar rakyatmu berkorban
    Sang merah putih yang perwira
    Berkibarkah Slama-lamanya

  19. mantan says:

    aq ne mantan maling, mantan pemerkosa, mantan pembunuh juga mantan penipu dan aq g punya agama. Pingin banget aq bertobat dan kembali pada jalan yg kata org banyak adalah benar. Ada yg berkata bahwa Agama satu2x tuntunan hidup yg benar. tapi kenapa yg q saksikan orang2 yg sudah beragama ternyata kelakuanx g lebih baik dari saya. Binguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuung……. piye iki???????????

  20. anton viking manggungan says:

    Santai bae bro !!! ribut apa seh !!! ayu bae deleng persib !!!

  21. wahyu says:

    Saya rasa g ada yang salah dengan ajaran al zaytun karna selama 6 taon tinggal di sana g ada yang aneh tuh,,klo pimpinannya seh g tau juga benaran NII atau bukan…

  22. doni says:

    Klo sekelas Abu Toto atau Panji Gumilang, yag duitnya dah gak ke itung, msh butuh duit receh dgn menculik perempuan2 lemah (dicuci otaknya) untuk dijadikan mata pencaharian, kayaknya lucu deh….n sesuatu yg sangat tidak masuk di akal yg paling sehat sekalipun, masyarakat harus tahu bahwa NII itu bukan hanya NII KW IX, tapi mash banyak faksi di luar itu, sebut saja faksi aceh (daud beureuh, faksi adah zailani, faksi Machfud Sidik, Faksi Abu Bakar Ba’asyir, Faksi Abdullah Sungkar, dan masih banyak faksi lainnya….Maaf kami bukan pendukung Abu Toto, kenalpun gak, tapi paling tidak kita harus menilai sesuatu itu jgn asal cuap n gak bertangung jawab…..tpi hrs dibuktikan dulu oelh Aparat yg berwenang…baru kita ngomong….setelah ada hasilnya.

  23. doni says:

    jgnlah kita lantas memvonis bahwa ponpes al zaitun itu sesat dan menyesatkan, sebelum kita mengetahui sendiri apa dan bgimana sih pendidikan di dalam pon itu, kita masih ingat ketika Hendro Priyono yg waktu msh sebagai kepala BIN berkeumjung ke Mahad Al Zaytun, dalam satu pidatonya beliau mengatakan bahwa “setan yg yg menilai Al Zaytun sesat dan menyesatkan, lha sekelas hendro Proyono aja dah bilang gitu, apa lagi kita masyarakat yg gak tahu apa2 tentang alzaytun…….

  24. pergiani says:

    serahkan semua ke aparat yang memang ditugaskan untuk menyelidiki benar salahnya isu tersebut, kalo belum tahu seperti saya lebih abik diam dan jangan lempar sesuatu yang masih sebatas dugaan dan hasutan, janganlah saling tuduh menuduh dan janganlah merasa bahwa pribadi kita sendiri yang paling benar…..ok. satu hal musuh bersama adalah jangan mau di adudomba……………….

  25. Abu Hasan says:

    LUAR AJA BAGUS….. DALAMNYA BUSUK
    UNTUK SEMUA MASYARAKAT INDONESIA JANGAN TERTIPU DENGAN NAMANYA PONPES AL ZAITUN,,,KARENA DI SITU BASISNYA NII KW9….TEMPATNYA AHLI NERAKA

  26. getun says:

    bubarkan al-zaytun

  27. ali says:

    memang pemerintah sekarang belom tegas terhadap aliran2 sesat termasuk ma’had zaytun ini
    tapi pembalasan Allah pasti akan menghancurkan kesesatan ini
    semoga kehancuran ma’had zaytun segera di perlihatkan.Amin

  28. Jolly young says:

    Sumpah Al Zaitun Ajaran’a sesat bgt, msa ngajarin santri’a suruh jd rang baek, tp knpa hrus memutuskan hubungan komunikasi sama keluarga, ya Allah Lindunggilah HambaMU smua Yg ada di dunia… Amin…

  29. Lukmanul Hakim says:

    Alhamdulillah… Selama saya di sana tidak ada yang sesat.. termasuk isu miring yang tidak enak bgt di dengar oleh kami para santri di sana.

  30. muhammad ali says:

    Al Zaytun, Pusat Pendidikan Pengembangan Budaya Toleransi Dan Perdamaian.

    Pusat dari calon pemimpin-pemimpin bangsa ini. Kader-kader bangsa yg berilmu dan beraqidah.
    Dengan semua kedisiplinan dan etos kerja serta etos belajar yg tinggi, para pelajar maupun civitas-civitas Al Zaytun sudah seharusnya menjadi contoh bagi para pemimpin Republik Indonesia.

  31. aliman says:

    siapakah panji gumilang, latar belakang, misi nya sebaiknya yang menerangkan adalah dari TNI karena TNI yang sangat kuat untuk memegang teguh negara Pancasila. kayanya masyarakat percaya sekali. semoga pondok ini mendidik anak yang tidak keliru. dan tetap berpegang pada iman & islam.

  32. Penyadaran Doktrin Ajaran NII NKA KW 9 Panji Gumilang Mahad Zaytun Indramayu says:

    Kepada : Bapak dan Ibu yang anggota keluarganya atau anak-anaknya terkena / terjebak / terjerat Ajaran NII NKA KW 9 Panji Gumilang Mahad Zaytun Indramayu untuk penyadaran atau pemulihan dapat menghubungi web http://niikw9.wordpress.com atau SMS 08132 8484 289

Leave a Reply

Free WordPress Themes