|

Indramayu

Wilayah ini berada di sisi utara Wilayah Jawa Barat, tepatnya berada di pesisir pantai utara Jawa. Lokasinya berdekatan dengan Cirebon, Subang, Sumedang dan Majalengka. Termasuk kedalam wilayah administratif Wilayah III yang meliputi Cirebon, Kuningan, Majalengka dan Indramayu atau sering disebut Cikuning Maja Ayu.

jalan-eretanWilayah Indramayu dari ujung barat diawali dari Kecamatan Sukra hingga Karangampel. Memiliki sumber daya alam yang cukup kaya, dari segi agraria Indramayu menjadi salah satu lumbung padi nasional, namun hampir dipastikan bahwa saat ini mengalami kemunduran karena generasi saat ini lebih suka bekerja di pabrik/perusahaan/TKI dari pada bertani.

Tidak jauh dengan agraria, perikanan pun sepertinya harus lebih banyak melakukan inovasi agar produksi perikanan di Indramayu tidak melulu menggantungkan dari hasil melaut, tetapi lebih ditekankan pada hasil budidaya. Karena dengan budidaya, ketergantungan terhadap cuaca di laut bisa dikurangi.

Jalur pantura yang membelah Indramayu menjadi salah satu tulang punggung bagi roda perekonomian Indramayu. Lalu lintas ini telah membuat Indramayu sebagai kota yang sibuk setiap saat karena arus kendaraan yang tidak pernah berhenti, terlebih pada saat mudik lebaran. Saat lalulintas padat, hampir selalu dipastikan terjadi kemacetan di beberapa wilayah Indramayu. Untuk mengatasi ini pemerintah terus memperbaiki sistem transportasi tersebut, baik dengan memperlebar jalan maupun dengan membuat rute alternatif. Kabar terbaru adalah akan dibangunnya jalan tol yang menghubungkan Cikampek dengan Palimanan, dengan harapan arus kendaraan tidak melulu mengandalkan jalur Pantura yang membentang dari Cikampek hingga Cirebon.

Denagns segala pernak-pernik kehidupan masyarakat Indramayu, saat ini Indramayu sedang berbenah dalam menghadapi tantangan kemajuan jaman.

Tags: , ,

2 Responses for “Indramayu”

  1. [...] Ma’had Al Zaytun adalah pondok pesantren yang berada di kawasan desa Mekarjaya, Gantar – Indramayu, Jawa Barat. Letak ponpes megah ini kurang lebih sekitar 11 km di sebelah tenggara [...]

  2. [...] Kemudian kebetulan melewati Indramayu, maka cobalah sekali-kali untuk mampir di Pantai Glayem Indramayu. Ada apa [...]

Leave a Reply

Free WordPress Themes