|

Situs Makam Wiralodra

Kompleks pemakaman Pangeran Arya Wiralodra tentu sangat dikenal di lingkungan makam. Tapi pernahkah anda tahu dan berkunjung ke situs tersebut? Kompleks pemakaman Wiralodra yang merupakan pendiri Indramayu saat ini sedang mengalami pemugaran.

makam-wiralodraBahkan bagi sebagian masyarakat Indramayu pun tidak tahu dimana lokasi makam tersebut. Kepedulian Pemerintah untuk memugar kompleks tersebut perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak. Tidak hanya pemerintah daerah, namun masyarakat Indramayu yang tersebar seluruh dunia pun semestinya memberikan dukungan dan inspirasinya.

Dikutip dari blog Kang Satim, saat ini kondisi makam dalam proses renovasi, dengan target selesai sebelum Hari Jadi Indramayu tanggal 7 Oktober.

Pemugaran makam sendiri dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi para peziarah ke makam makam-raden-wiralodraRaden Wiralodra merasakan kenyamanan. Suadh diketahui bahwa makam Wiralodra banyak diziarahi oleh para peziarah dari berbagai daerah baik dari Indramayu maupun dari luar Indramayu.

Cita-cita Bupati Yance yang untuk membuat wisata sejarah Indramayu sepertinya dimulai dari sini, yaitu memugar kompleks pemakaman Wiralodra. Namun ada yang penting yang harus diperhatikan oleh pak Yance dan jajarannya. Pencitraan Indramayu menjadi hal yang jauh lebih penting dari pada sekedar pemugaran.

pemakaman-wiralodraGunakan media untuk memulai membuat pencitraan Indramayu sehingga menarik minat para wisatawan untuk singgah ke Indramayu. Bisa pula kita mulai dengan membuat Visit Indramayu atau Tahun Kunjungan Indramayu (TKI), sehingga kita tidak hanya terkenal karena TKI (Tenaga Kerja Indonesia) Indramayu.

Pemda bisa membuat format kunjungan berdasarkan audience dari luar Indramayu, karena wisatawan lokal Indramayu tentunya Pemda sudah hapal karakternya. Bagaimana dengan dari luar Indramayu?

Mungkin salah satunya melalui media internet kita bangun citra Indramayu.

Tags: ,

5 Responses for “Situs Makam Wiralodra”

  1. anton zaelani says:

    R. Wiralodra katanya orang Majapahit. ada juga yang menyebutkan ia orang Mataram. jika wiralodra Hindu, maka kita keturunan orang hindu dong? jika ia orang mataram, ada aharapan kita orang Islam, tapi kejawen. mana yang bener ya?

  2. anton zaelani says:

    oke

  3. beeee says:

    semoga lebih bisa di kenal leboh luas, dan mari kita sama2 membangun citra moral indramayu yang baik..karna sesungguhnya Kanjeng Wiralodra sendiri telah banyak memberikan suritauladan yang baik,,di berbagai peninggalannya,hanya saja belum terungkap, dan yg disayangkan pemerintah tidak mau mengeluarkan dana demi terungkapnya kebenaran dan pembenahan citra ini,,bukan sayang uang,,tapi mereka lebih karna persoalan politik yang takut ini dan itu…

  4. bondan says:

    lokasi maqam pangeran wiralodra di ?? saya asli putra INDRAMAYU tapi belum pernah tahu makam pendiri kota kelahiran saya

  5. ndy says:

    maju terus Indramayu …… hidup Pa Yance

Leave a Reply

WordPressÖ÷Ìâ