|

Kawedanan Kandanghaur

Kandanghaur merupakan salah satu kota tua di Indramayu, wilayah ini dulu di kenal dengan wilayah Kawedanan Kandanghaur. Letaknya strategis karena berada tepat di Jalur Pantura. Secara umum Kandanghaur berada di wilayah barat Indramayu.

Kantor Kawedanan Kandanghaur menjadi ciri khas wilayah ini, dan sebagai bukti bahwa Kandanghaur merupakan salah satu kota bersejarah di Indramayu. Bangunan kantor yang memiliki gaya arsitektur Belanda sangat jelas terlihat, bahkan sebelumnya di dalam areal ini banyak sekali terdapat peninggalan-peninggalan Belanda seperti meriam maupun jangkar. Juga masih terdapat pohon beringin tua yang sudah berusaia lanjut.

kandanghaurDibelakang bangunan kewedanan Kandanghaur yg memiliki areal yg luas dipisahkan dengan pagar tembok tinggi panjang mengitari areal kewedanan dan juga pemisah dengan pemukiman penduduk, terdapat bangunan yg sudah 50 persen tak utuh dan hampir roboh tak terurus. Juga masih terdapat bekas tempat pemandian dan WC zaman dulu, yang paling menarik sekitar situ adanya sumur tua bentuknya bibir luarnya nggak lazim seperti bibir sumur-sumur zaman sekarang yang cenderung berdiameter berbentuk bulat, tapi sumur ini pada bibirnya berbentuk segitiga. Menurut masayatakat sekitar kedalaman lorong sumur ini menyambung dengan sumur di SDN Kandanghaur yg letaknya berhadapan dan dipisahkan dengan jalan raya  pantura. Kemungkinan dulunya adalah terowongan yang menghubungkan kantor pemerintah kolonial atau Jepang dengan bangunan lainnya yang sekarang digunakan sebagai sekolah.

Saat ini Kawedanan Kandanghaur sedang menata diri, namun alangkah baiknya jika peninggalan-peninggalan sejarah bisa dijaga dengan utuh untuk generasi selanjutnya. Bangunan-bangunan zaman Belanda di daerah barat Indramayu sudah banyak yang hilang, seperti yang ada di daerah Patrol. Sebelumnya di daerah Patrol banyak terdapat bangunan Belanda yang terdapat diantara Patrol – Bugel. Namun saat ini sudah hilang ditelan bumi, seandainya di Kandanghaur tidak dijaga, bisa jadi sejarah pemerintahan di Kandanghaur pun akan hilang ditelan waktu bersama hilangnya bangunan-bangunan peninggalan zaman dulu.

Sumber : Berbagai literatur sejarah dan pengalaman, Blog Parean Indramayu, Facebook

Tags: , , ,

Comments are closed