|

Lowongan PNS Indramayu 2009

Ingin menjadi PNS Indramayu ? coba layangkan surat lamaran kerja ke BKD Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Sebab pada Agustus 2009 ini, BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Kabupaten Indramayu membuka lowongan PNS lulusan S-1 dari pelamar umum jumlahnya sebanyak 84 orang.

cpns-indramayuMenurut Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Kab.Indramayu Drs. H. Eddy Mulyadi, MM, total jumlah CPNS baru yang bakal diangkat pada Tahun Anggaran 2009 di Kab. Indramayu seluruhnya mencapai 749 orang.

Pengangkatan 794 CPNS baru itu, kata dia, dilakukan melalui 3 jalur. Jalur pertama pengangkatan tenaga honorer yang sudah ada dalam data base BKN (Badan Kepegawaian Negara) jumlahnya sebanyak 616 orang.

Jalur kedua, pengangkatan 49 orang Sekdes (Sekretaris Desa) yang sudah tercantum dalam data base BKN. Dan pengangkatan CPNS ketiga, melalui jalur seleksi umum, jumlahnya sebanyak 84 orang CPNS. Terdiri tenaga pelayanan dasar pendidikan 73 orang dan 11 orang tenaga pelayanan dasar kesehatan.

Kabid Pengadaan dan Kesejahteraan Pegawai pada BKD Indramayu, Kanto Hartono ditemui Pos Kota Selasa (18/8) mengemukakan, ada 16 persyaratan yang dipenuhi tenaga honorer daerah saat pemberkasan CPNS di BKD yang akan dimulai pada Rabu (19/8). 16 syarat itu dari mulai bio data hingga surat keterangan bebas naskoba.

Menurut Kanto, dari 616 orang honorer yang tercantum dalam data base BKN terdapat 4 orang yang sudah diangkat CPNS, karena usia kritis, mendekati usia 46 tahun. Sebanyak 4 orang honorer lagi, kata dia gagal diangkat jadi CPNS karena alasan honorer itu tidak memenuhi syarat seperti usia yang belum mencapai 19 tahun.

Tags: , ,

49 Responses for “Lowongan PNS Indramayu 2009”

  1. Darul says:

    Mampir nich…
    menarik sekali blog anda, dan saya sangat suka..
    Salam….
    oh ya ada sedikit info nich tentang bibit jabon dan kayu jabon semoga bermanfaat…

  2. umarbakery says:

    priwe ya… yen ora nyogok ya ora dadi PNS… yen nyogok…. duite sing ndi, lamon ana duite gah rada pikir-pikir jare pak ustade nyogok kuh dosa, kanggo ngempani anak rabi maning…. kita sih bagen dadi guru honor selawase sing penting BERKAH…!!!

  3. Sukirno says:

    Wah. reang ketinggalan informasi kih.
    Tapi kaya ne mah, program kien kih. Akeh UUD ne. Foto copy duit, legalisir duit, marani kantor berwenang duit. Pa ana sing ora ngganggo duit?
    Dari pada ngetokna duit sing ora puguh juntrunge, mendingan biaya pendaftaran lan nguruse dienggo modal usaha Warnet, atawa counter HP, atawa warung sega. 10 tahun ke depan hasil wis dadi wong sugih lan halal.
    Setuju batur..?

  4. DORNA says:

    Korupsi di Dinas Pendidikan Indramayu kian MARAK

    Cari “Tumbal”

    Indramayu, SINAR PAGI- Dugaan kasus korupsi dana pendidikan program PPK IPM Tahun Anggaran 2006, hingga kini terus diusut Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat. Kendati belum diketahui siapa tersangka dalam perkara itu, namun opini public mencerminkan kaasus tersebut akan mengarah pada “dalangnya” yang kini diduga mulai kasak-kusuk mencari “kambing hitam” untuk melepaskan diri dari jerat hukum.

    Menurut Slamet, Sraf Kasi Kesetaraan Dikmas Disdik Kabupaten Indramayu, saar dikonfirmasi Sinar Pagi mengatakan, dirinya tidak terlibat dalam perkara itu. Ia mengaku tidak pernah mengetahui soal aliran dana dan pengadaan barang saar program PPK IPM itu berjalan.

    Dikatakan Slamet, statusnya hanya sebagai pesuruh dan tidak berperan penting terkait kegiatan PPK IPM Tahun Anggaran 2006 yang kini diperiksa oleh Kejati. “Saya saar itu hanya sebagai pesuruh yang hanya menerima tugas untuk mondar-mandir mengurusi proposal yang masuk ke Dikmas. Saya kemungkinan akan dipanggil terkait adanya tanda tangan penerimaan honor dan pelatihan. Tapi demi Tuhan saya tidak mengetahui soal aliran dana PPK IPM, sebab saya bukan bendahara, dan yang membuat saya tidak mengerti, kenapa saya seolah tertuduh sebagai tersangka kasus tersebut sehingga para wartawan dan LSM banyak mengincar saya. Padahal, kasus itu orang lain yang melakukan.”

    Slamet merasa disudutkan oleh seseorang, sehingga opini public mengarah terhadap dirinya seolah-olah sebagai pelaku. Dijelaskannya, bahwa setumpuk berkas (data) terkait kasus tersebut telah disiapkan untuk membuka ‘tabir gelap’ yang selama ini menghantui jajaran Dikmas Dinas Pendidikan Indramayu. “Saya siap Mas, menghadapi hukum dan wartawan,” tandasnya.

    Manurut Bajuri, mantan Bendahara Dikmas, saat dihubungi Sinar Pagi menjelaskan, pemeriksaannya di Kejati masih dalam status lidik. Terkait program PPK IPM Tahun Anggaran 2006 semua kegiatan diperiksa tidak hanya program AKF saja. Pihaknya juga membenarkan atas pemeriksaan beberapa penilik, penyelenggara dan Pinlak yang terlibat atau terkait PPK IPM dengan dana total keseluruhan mencapai Rp 7,9 miliar.

    Dikatakan Bajuri, bahwa saar itu kapasitasnya hanya sebagai bendahara Dikmas, jadi pihaknya tidak begitu mengetahui banyak soal kegiatan tersebut. Termasuk soal peraturandalam Keppres No. 80 Tahun 2003 tentang Pengadaan Barang sehingga pada pelaksanaannya tidak dilelangkan. Dimintanya, agar wartawan untuk konfirmasi dengan Kasubdin Dikmas yang seharusnya bisa lebih mengetahui hal tersebut.

    Sementara menurut mantan Kasubdin Dikmas Disdik Kabupaten Indramayu, Rasita, saat ditemui di kediamannya, pekan lalu, mengemukakan bahwa persoalan penggunaan anggaran pada program PPK IPM, ia mengaku tidak pernah tahu, sebab, pihaknya hanya selaku pimpinan kelembagaan berkaitan dengan perencanaan sampai pengeluaran anggaran itu ditangani oleh Satlak dan Pimpro yang sekarang disebut Kepala Seksi (Kasi).

    “Tanggung jawab itu terutama pada Satlak sendiri. Saya sifatnya hanya mengevaluasi, memonitoring, dan mengawasi kegiatan di lapangan,” ujar Rasita.
    Dijelaskannya, bahwa evaluasi dan monitoring yang dilakukannya tidak sampai pada pengawasan soal anggaran. Sebab, hal itu tanggung jawab pihak Pemda melalui Satlak yang ditunjuk melalui SK Bupati. Mengenai adanya pemeriksaan di Kejati, Rasita merasa tidak keberatan.*(Bambang/Siswo/Suwardi)

  5. sayyid says:

    RENUNGAN BERSAMA BAGI MASYARAKAT INDRAMAYU BARAT :
    Ada beberapa prinsip dasar kepemimpinan yang telah diletakkan oleh ABU BAKAR AS-SIDDIQ (Khalifah Islam Pertama) saat menyampaikan pidato pembukaan sebagai terpilih di hadapan kaum Muslimin di Kota Madinah.
    PERTAMA, bahwa gagasan Islam tentang sistem kepemimpinan bertalian erat dengan gagasan kebenaran dan keadilan. Beliau menghubungkan unsur kebenaran dan keadilan ini dengan unsur penyampaian kritik (control social). Beliau mengatakan bahwa, jika ia berlaku benar dan adil, maka umat diminta untuk memberikan dukungannya, tapi bila ia berlaku keluar dari aturan Allah dan Rosulnya, maka umat boleh memperbaiki dan meluruskannya.
    KEDUA, beliau hanya mau diikuti dan ditaati rakyat, sepanjang beliau sendiri taat pada Allah dan Rosul-Nya. Beliau menolak diikuti jika beliau keluar dari aturan-aturan Allah dan Rosul-Nya. Inilah akhlak yang mulia berjiwa besar dan jauh dari sifat otoriter dan arogan yang biasa diperlihatkan oleh para pimpinan Negara (oknum), yang maunya menang sendiri dan benar sendiri
    Jadi jelas bahwa perintah untuk menegakkan keadilan dalam Islam mempunyai nilai kosmis. Mencederai keadilan berarti melanggar hukum yang sudah ada. Keteraturan dan keadilan dapat melahirkan kesejahteraan dan kebahagiaan.
    Setidaknya ada tiga hal penting yang dapat dijadikan bahan pertimbangan di dalam mencari figur pemimpin daerah “masa depan” di Daerah atau Kota, yaitu;
    (1). akseptabilitas,
    (2). kapabilitas dan
    (3). kompabilitas.
    AKSEPTABILITAS, adalah gambaran tingkat penerimaan pengikut terhadap kehadiran figur pemimpin yang baru, baik dikalangan aparat pemerintah maupun masyarakat secara keseluruhan.
    KAPABILITAS, yaitu gambaran kemampuan diri si pemimpin, baik intelektual maupun moral, yang dapat dilihat dari track record pendidikannya maupun jejak sikap dan perilakunya selama ini. Pemimpin yang baik tidak akan muncul secara tiba-tiba, melainkan melalui suatu proses yang panjang.
    KOMPABILITAS, yaitu kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan kebijakan dari pemerintah tingkat atasnya (Pusat&Provinsi) dan mengakomodasikan kebijakan dari pemerintah tingkat bawahnya maupun tuntutan dari para pengikutnya.
    Jika melihat bentuk kepemimpinan di atas, masyarakat mempunyai harapan yang besar terhadap pimpinan yang baru, mereka diharapkan membawa perubahan dengan sistem yang lebih baik guna memperbaiki kehidupan masyarakat. Ini merupakan sebuah fakta bahwa figur seorang pemimpin sangat diharapkan oleh masyarakat terutama masyarakat kalangan bawah. Disini jelas pemimpin yang diidamka adalah pemimpi yang bisa memperjuangka keadan rakyat secara menyeluruh tanpa ada kepentingan apapun. Kalau kita mau jujur calon-calon pimpinan daerah itu biasanya manis dengan janji-janji yang penting dirinya bisa gol dalam pemilihan dan sukses meraih kemenangan yang mutlak. Sungguh ironis jika keadan ini terus berlanjut tanpa ada kontrol sosial yang berarti.
    Maka melihat realitas ini MASYARAKAT INDRAMAYU BARAT (INDRABAR) yang sangat perduli terhadap perubahan yang terjadi di Indramayu khususnya Indramayu Bagian Barat.

  6. cahblog says:

    Wahai para PEJABAT….Ingatlah engkau bahwa adanya engkau du2k dikursi empuk itu karna RAKYAT bukan karna RAYAP, adanya engkau disebut PEJABAT’pun karena adanya RAKYAT, sungguh MUSTAHIL adanya PEJABAT tanpa adanya RAKYAT. maka BERSYUKUR dan BERTERIMAKASIHLAH engkau semua kepada RAKYAT karena telah diberi kesempatan tuk bisa duduk SANTAI dikursi empuk, tapi engkau harus ingat satu hal akan TUGAS & TANGGUNGJAWAB engkau sebagai PEJABAT apalagi seorang pemipin harus berani dab bisa membedakan antara yang HAQ & yang BATHIL, yang PINTAR & yang BODOH, yang LAYAK & TIDAK LAYAK. jangan karena ANAK SAUDARA lantas BERBAGI CARA di HALALKAN….
    INGATLAH….bahwa JABATAN & KEDUDUKAN yang engkau raih itu hanyalah SEMENTARA dan jika engkau MENYALAHGUNAKAN JABATAN & KEDUDUKAN, maka siap2lah RAKYAT akan menuntut engkau di AKHIRAT kelak.

  7. Taryem, Bsc says:

    C : calon
    P : pegawe
    N : nrima duit
    S : santai kerjane
    sapa sing bli pengen ncang, kerja sedelat dodok2, bari ngudud mangan ning warung ana masyarakat butuh jasa kanggo digawekena surat2 ora diladeni malah dibentak2(diumbangi), enak ora kerja mengkonon kuh!!, trus ari pengen diladeni kudu ana duite mbuh 10ewu 15 ewu 20 ewu, Hah.. TAPLAK (gaya aziz gagap mbacane)…

  8. Maju dan mundurnya sebuah daerah adalah tergantung daripada seorang pemimipin,
    kemudian pemimpin yang seperti apakah yang Ideal?
    hanya anda yang bisa menilai apakah IM skien wis kedeleng mapan lan durunge. apakah wis bener2 bersih sing KKM ech salah KKN.
    begitupun dengan penerimaan CPNS apa IM wis BISA JUJUR tanpa kudu deleng wong sing DUWUR/SEDULUR?
    apa pengen tah mangan DUIT HARAM SELAWASE NING DUNIA?he…he…he….hehhhhh!!!!

  9. Diakui atau tidak seluruh lapisan masyarakat IM senang ketika mendengar ada panerimaan CPN di Indramayu, akan tetapi ada juga yang menyambutnya biasa aja. begitupun banyaknya sebuah pertanyaan apakah Pemerintah IM bisa jujur dalam penerimaan CPNS?Kalau emang jujur mana TRANSFARANSINYA?ataukah formasi yang diterbitkan lewat media itu hanya sebatas FORMALITAS yang sebenarnya sudah ada pos-pos yang dititipkan oleh kalangan keluarga pejabat IM?kalau emang demikian lantas bagaimana nasib pendidikan Im kedepam kalau tenaga pengajar IM dikelola oleh orang2 yang DUNGU yang hanya menghandalkan UANG?

  10. kristianHW says:

    kapan-kapan saya mo coba ah jadi PNS indramayu kalo ada tolong dong informasikan ke no 02349141278

  11. ucup brebes says:

    Angger kitane oleh tah kitane pang ndaftar manabae sih……………

  12. ucup brebes says:

    Wong Brebes Oleh Belih yah ndaftar nebg indramayu

  13. aringaso says:

    beuhhh pada pengen jadi PNS……. kudu akeh duite sebabe jamana sekian pada mata duitan, ana duit bisa manjing laka duit modar kabeh.. wwkwkwkwkkww

  14. ayip maulana says:

    aduh pengen daftar pns kih priwe syarate

  15. Agus Kuswara says:

    lanjutan rekan saya pada tgl. 9 bulan November 2009 menginjak usia 31 tahun ( perempuan ) nama lengkapnya Novi Susanti . Demikian semoga pihak Kabupaten Indramayau khususnya BKD Indramayu dapat memberikan Info dengan baik dan lancar dan semoga hasil Ilmu yang kami raih dan miliki bisa kami amalkan di tempat kelahiran rekan saya itu yaitu di Indramayu. ( tempat kelahirannya ) terimakasih.

  16. Agus Kuswara says:

    Ini sudah menginjak bulan November , kami hanya ingin informasinya apakah pada bulan ini ada penerimaan CPNS di Kabupaten Indramayu . tolong !..diberikan infonya secara detail dong ?!..karena baru saja , rekan saya tgl 31 Oktober 2009 selesai di Wisuda di Jombang , Kampus Darul Ulum yang beralamat di Peterongan Jombang . Dan mengambil jurusan Sastra Inggris S1, Tapi karena tidak memiliki email maka lewat email saya ini bisa disampaikan Infonya . Rekan saya adalah Asli kelahiran Cikedung Indramayu Keluarganya atau kedua orang tuanya beralamat tepatnya Rumah tinggal nya , di depan SMP N Trisila CIkedung . Sebelum S1 selesai , dia lulus D2 sastra inggris di Kab. Kediri Jatim dan kemudian sambil mengamalkan Ilmunya atau untuk menambah pengalamannya sejak tahun/ mulai 2003 s/d saat sekarang mengajar bahasa inggris di Salah satu Yayasan (swasta) atau sekolah Persatuan yaitu Yayasan Ma’ariif di Kabupaten Sidoarjo.
    Dan mengajar sebagai guru Profesi Bahasa Inggris , dan ia mengajar Anak-Anak Sekolah antara lain : di STM klas 2,3 , SMA kelas 2,3 , SMEA kelas 2,3 , SMP kelas 2,3 dalam satu sekolahan yaitu YAYASAN MA’ARIF Kab. Sidoarjo. Dan sekarang S1 jurusan Bahasa Inggris sudah lulus DAN MASIH BERDOMISISLI DI Kab. Sidoarjo yang terkenal dengan Lumpurnya. Dengan segala kerendahan hati kami sebagai rekannya meminta tolong Informasinya dan apakah untuk jurusan Sastra Inggris( S1 ) diwilayah Indramayu banyak dibutuhkan atau tidak .

  17. wonk dermayu says:

    ya bokat bae ana sing pengen gawe BLOG…..kih kunjungi ya…..http://www.succesngeblog.com

  18. andi says:

    biasa indramayu itu siapa yang punya uang banyak pasti bisa jadi PNS tes cuma formalitas doank yang lolos yg bsa bayar pke puluhan juta

  19. Andri says:

    Dinas pengairan bnyk yg pgwai’y msh dlm hrn kntrak dr prvinsi..da kmngknan d trik k pemda indramayu g?!

  20. wawan says:

    batur sedulur kita jangan memendang sebelah mata,,,,tentang kab.indramayu.,,kita jangan selalu menuntut hendaklah memberi,,,,,,contoe,,,,bila kita mau jadi pns kita harus sadar sudah pantas kah kita jadi pns,,,dan mampukah kita mengemban amanat tersebut,,,,sadar diri lah.!!!!!!semua orang juga mau jadi pns tapi,,,,rizki orang tuh gak bakalan keliru,,sing penting usaha kelawan dedonga,,,maring kang kuasa.!!!

  21. iyah says:

    jika ada pembukaan CPNS mohon agar di sebarkan , karena semua orang jg mau daftar, jd jangan hanya buat orang dalam n karena uang aj, buat apa qt hidup klo ga bwt berbagi pengetahuan, materi ga kan bisa di bw mati…

  22. damar says:

    pak ari sng ws kerja bli manjing data bes prwe nsbe kih,,sdangkan pngabdiane ws lwas usia ya ckup

  23. Yayan says:

    Pak/bu lamon pengen weru info pns ndelenge ning endi tulung informasie gah!! aja ngumpet2 kaya ketek ngulati pangan,maaf sedurunge lamon ana sing ngerasa mah!!

  24. bowo says:

    Dan akhir bulan belum ada kbr yg jelas jg saya mau berita nya transparan jangan hanya dari kalangan tertentu saja yang tau kami jg rakyat indramayu berhak tau semuah informasi itu

  25. anwar says:

    mau tanya lowongan cpns di indramyu kapan ?. khusus y untuk guru komputer

  26. ajat tyaz says:

    berbondong2 pada daftar PNS, baka wis dadi aja pada korupsi ya

  27. …Ass?batur2 lan sedulur……emang susah kita sing dadi wong biasa, pengen dadi PNS bae kudu due dulur atau due duit….”tapi aja kawatir…. baka memang kita sing dadi wong biasa2 pengen dadi PNS…aja tinggalaken dongane….sholat lan sabar….” percuma kita dadi pegawai asale manjinge bli bener ( maen duit atau ngandalaken dulur )…gajieh gah haram kaya konon mah… masa gajieh tiap bulan haram bae….kanggo keluarga pisan” astaghfirlloh…”
    kapan…ya’ indramayu maju….”kayane mah…kari penerimaan PNS nganggone duit lan ngandalaken sedulur… ora maju2 indramayu…..”tapi tergantung pak pemimpin…. kari pemimpine tegas mah…bisa bae….”

  28. castayem says:

    Mau Jadi CPNS, Rp 80 Juta Dulu

  29. cah_bodho says:

    Dunia ini panggung sandiwara
    Cerita yang mudah berubah
    Kisah Mahabarata atau tragedi dari Yunani
    Setiap kita dapat satu peranan
    Yang harus kita mainkan
    Ada peran wajar ada peran berpura pura

    Mengapa kita bersandiwara
    Mengapa kita bersandiwara

    Peran yang kocak bikin kita terbahak bahak
    Peran bercinta bikin orang mabuk kepayang
    Dunia ini penuh peranan
    Dunia ini bagaikan jembatan kehidupan

    Mengapa kita bersandiwara
    Mengapa kita bersandiwara

    Dunia ini penuh peranan
    Dunia ini bagaikan jembatan kehidupan

    Mengapa kita bersandiwara

  30. Wiralodra says:

    Rekan-rekan, jangankan untuk birokrasi dan lain-lainnya… untuk mencari informasi keberadaan lowongan PNS ini saja susahnya minta ampun untuk kalangan biasa.
    Padahal, jika kita mau terbuka… apa susahnya membuat website untuk pengumuman ini, atau disebar di milis, atau facebook….

    Ya sudahlah, kita nikmati saja pertunjukan ini.

  31. Al-hamdulillah ada lowongan lagi nih, tapi nganggo D3 atau tidak nih??? D3 ( Dulur, Duit dan Dekat ) alias dekat sama pejabat BKDnya????…..Maaf Pak bukannya not believed, but I want Indramayu True ( Jujur ) dari Kolusi dan nepotisme. Amiiiiiiiiiiiin

  32. shopuroh says:

    kitagah pengan dadi PNS, birokrasinya di mudahkan ya…:)

  33. kang ryan says:

    lamun aya lowongan pns dermayu teh sing beja-beja ambeh rame test na. ulah cicing-cicing wae. tapi lamun aya oge lek-lekan wae ulah maun duit-duitan.

  34. yoga says:

    buat apa ada PUTRA/i daerah kalo tidak di manfaatkan???
    sia-sia donk PUTRA/i daerah sudah menimba ilmu keluar daerah dengan biaya sendiri tetapi didaerah nya tida di manfaatkan!!!!!!

  35. yoga says:

    kapan ada penerimaan CPNS buat DII PENGUJI KENDRAAN BERMOTOR
    di KABUPATEN INDRAMAYU
    karena sangat penting nya keselamatan dalam lalu lintas

  36. dedy says:

    bulan kien masih olih bli daptar kih…?

  37. Perkenalkan kami Tim databasekampus.com

    Website databasekampus.com telah resmi dirilis. Saat ini Perguruan Tinggi Anda dapat berpromosi online di http://www.databasekampus.com/, dan tidak dikenakan biaya alias gratis.

    Mengapa databasekampus.com ?
    1. Sebuah sistem online yang fokus menginformasikan daftar perguruan tinggi di Indonesia.
    2. Banyak calon mahasiswa ataupun pencari informasi seputar perguruan tinggi di databasekampus.com, datang dari search engine.
    3. Fitur pencarian yang cepat dan akurat.
    4. Walaupun hampir semua perguruan tinggi sudah memiliki website, tidak semua orang tahu alamat website bersangkutan. Dengan berpromosi di databasekampus.com, website kampus anda akan lebih dikenal lewat search engine.
    5. Dapat merubah informasi yang sudah online.

    Hormat Kami

    databasekampus
    info@databasekampus.com

  38. wogem says:

    gratis beli???

  39. ARIEF says:

    INFORMASI CPNS YANG BERJUMLAH 84 ORANG KAPAN DIBUKANYA NIH..

  40. Kapan di buka maninge..kita masih nganggur kih..

  41. ovix yusnis says:

    gmg2 kapan pendaftaran cpns indramayu dimulai?

  42. Adik says:

    kalo bisa penerimaan calon CPNS di indramayu dilakukan secara online.

  43. Romi says:

    Alhamdulilah ana Peluang PNS maning…Ngomong2 kapan ya Formasi buat bidang Pertaniannya???
    pan Indramayu dikenal sbg Lumbung Padi apa blm ada u/ Regenerasi buat Pegawai PNS-nya neh ? kapan anae…???

  44. wahid says:

    Aslm… mau tanya..? kita tinggal ning jakarta KTP jakarta, ari pengen daftar pns indramayu bisa bli..??

  45. Atmo says:

    Ya bulan2 ki oktober masih buka ora y..sampe kapan tutup pendaftarane, daftar via intternet bisa ora ya????

  46. Ndah says:

    Info lbh lanjutny kmna ya? Tolong doung krim k email ku. Thank’s

  47. alex says:

    WAH BAKA TAS BULAN OKTOBER ANA MANING BELI YA LOKER PNS..NENG DERMAYU??????

  48. Andika says:

    Wah boleh kih… thnx mang infone ya.
    Daftar PNS ah, bokat bae keterima dadi PNS Dermayu, lumayan daripada nganggur ora karuan.

    Kirim meng alamat mendi ya lamarane?

Leave a Reply

Weboy