|

Smkn 1 Losarang Indramayu Mampu Produksi Laptop Termurah Dibandingkan Harga Pasaran

Indramayu – Di Indramayu, Jawa Barat, puluhan siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Losarang, berhasil menciptakan sebuah laptop dengan kualitas yang bersaing dengan laptop keluaran pabrik.

Siswa siswi SMK ini memang dilatih sebagai ahli teknologi (komputer). Mereka belajar untuk memperbaiki, merakit, hingga membuat sendiri laptop mereka.

Laptop yang mereka produksi, dijual dengan harga yang mampu bersaing dengan laptop sejenis merek terkenal. Untuk segi harga, laptop mini ini memiliki selisih harga sekitar Rp400ribuan dengan laptop keluaran pabrik. Laptop ini juga bergaransi satu tahun.

Meski pun hingga kini laptop karya anak negeri ini belum dinamai, akan tetapi, hampir semua guru di sekolah mereka dan beberapa guru di sekolah lain memiliki laptop ini.

Untuk mengerjakan satu buah laptop, para siswa hanya membutuhkan waktu empat hingga lima jam saja. Dalam satu bulan, pesanan laptop mencapai 30 hingga 40 buah.

45 Responses for “Smkn 1 Losarang Indramayu Mampu Produksi Laptop Termurah Dibandingkan Harga Pasaran”

  1. Hi there. That’s just some very nice blog. I like it a lot and will come here more frequently from now on. I am studying for a term paper and the information here has helped me a lot Research Paper Writing

  2. solek says:

    saya jg ingin memesan.a ,, tp gmn cara.a?

  3. solek says:

    saya ingin memesan’y…?

    apakah saya blh tau gmn cara.a?

  4. iwan Basuma says:

    Saya senang mendengar berita ini walaupun salah dalam penyampaian /penulisan.Tapi biar bagaimanapun juga,ya namanya baru bisa ,itu senangnya sudah luar biasa. memang betul dalam artian merakit dengan membuat itu bedanya cukup seknifikan,karena kalau sekedar merakit ,itu tidak membutuhkan modal yg banyak,ya kira2 cukup jutaan rupiah,karena hanya untuk membeli componen block saja. akan tetapi kalau membuat itu MODALnya cukup lumayan besar hingga Milyaran rupiah.karena semua kebutuhan di lakukan sendiri……….SAYA SUDAH BERPENGALAMAN DI BIDANG KOMPUTER KHUSUS HARDWARE kira 21 Tahun. Bahkan Computer yg bermerek luar negripun seperti Acer,COMPAQ.DELL, dll. itu juga sebatas memproduksi. dan tidak membuat dalam arti luas……Jadi saya setuju kalau Smkn 1 Losarang Indramayu mampu mem PRODUKSI.Laptop dalam sekala kecil. Dan saya yakin pasti di sekolahan lainpun akan bisa juga memproduksi (merakit )….buat saya merakit hanya butuh waktu 30 menit saja. kalau sarana dan prasarana sudah di siapkan.untuk SMKN 1 Losarang Jangan sampai terlena untuk hasil yg sekarang,tingkatkan terus prestasi anda,masih banyak tehnologi yg perlu di gali lagi…..MERDEKA……!!!!!!!!

  5. Asep Como says:

    Lanjutkan…….jangan buat perdebatan MERAKIT dengan MEMBUAT….bisa merakitpun sudah Alhamdulillah….masih banyak anak kampus jurusan MI,TI, gak bisa merakit PC or Laptop…saya bangga dengan kalian…lanjutkan perjuangan mencerdaskan kehidupan bangsa…khususnya Indramayu…

  6. alfin says:

    hebat.. saya dukung… dan saya siap untuk serta memasarkan-nya

  7. rifal says:

    teknologiiii…..bener 2 maju ….?
    smk 1losarang memang top dahhhh….bisa menciptakan laptop sendiri …..?
    dgn hrga…yg murah..?
    seandainya smk indramayu seperti smk 1losarang ….??????

  8. Kalau saja waktu orba dpt rekomendasi bikin pabrikasi chip _di Cileungsi, direalisasi. Mungkin laptop dan pc bisa menjadi ikon nasional.
    Semangat terus bro utk Indramayu itu sudah memberi kontribusi plus. Saya dukung terus….

  9. bomberz says:

    waddduuuuhhh,,,sekolahanku tambah maju ae kihh,,,ohooh,,,
    tambah mantepp lah,,,,ayooo nang nang nok nok,,,
    sing pada pinter belajareee,,,,uahahaha

  10. fikri hakim says:

    seneng…awal yang bagus

  11. Budiman says:

    Mantab broo… pesen satu bisa ga …?

  12. deep yudha says:

    Wah hebat ya wong Dermayu, ayo dong digagas bikin pabrik nya sekalian biar bisa menyerap tenaga kerja dan menjadikan Indramayu penghasil devisa tidak hanya dari para TKW yang kadang nasibnya mengenaskan itu….maju terus !!!! gampang mundur ! ( eh salah pantang Mundur !!!!! )

  13. warnitaita says:

    bagi aku,arane pelajar kreatif,iku aku dukung maju terus berkarya biasane wong arep maju akeh cobaane aja mundur bho, wong dermayu jaya selalu….

  14. ;,- I am very thankful to this topic because it really gives great information -`*

  15. Ahmad Gojali says:

    Di sisi lain ada sekolah yang semakin maju ,BERkualitas, mutu, sertifikasi, lengkap Sarana-prasarana .bermutu ,,,, di sisi lain ,,,,,,TERPURUK..TIDAK ADIL PEMERINTAH!!!!!!!!!!!!

  16. Ahmad Gojali says:

    Wong.Sekolahan Negeri ya Qt mah Bli Heran…..Cb Deleng SMK Kebangsaan Losarang,,,,Ngenesaken lk sig bantu…..

  17. kuli korea says:

    paling cuman ngerakit, klo buat kayakX gak mungkin..
    thank’s colly plend

  18. kuli korea says:

    oaling cuman ngerakit, klo buat sih kayaknya gak mungkin, than’s colly

  19. Halali says:

    membuat atau merakit…? kalau merkait tidak lah heran….

  20. wong kebulen says:

    kalo mao pesen,gimana caranya tuh Mas ?

  21. jody says:

    kita harus bangga dan menghargai hasil karya pelajar2 indramayu,……maju dan sukses, saya yg dari luar jawa mendukung

  22. azev says:

    awal yang bagus, tapi kalo bisa jangan cuma berhenti sampai disini aja..step by step coba berusaha memproduksi perangkat keras sendiri.

  23. ilmukomputer says:

    ahhh kurang hebat..klo cuma merakit saja sedangkan perangkat keras dan perangkat lunaknya masih membeli di negara tetangga…kurang mantapp….buktiakn klo dah bisa produksi sendiri minta di liput sama leptop si unyilllll dg secara detail….hik hik hik hik hik..indonesia cuma bisa mengoprasikanya sajah blm ada…adapun ada jga cuma manufakturnya aja lisensi indonesia…selebihnya ya tetap ajahhh negara tetangga…yo wis saya dukung deh buat SMK N I LOSARANG

  24. guslay cossacker says:

    wah hebat……
    tapi ini masih tahap merakit apa sudah “membuat sendiri”?

  25. he3x.. says:

    hemmm… aq cm bs bri komntar.. yg baik qta ikuti,yg tdk baik y qta pisah. ok mg pmrintah tdk hny mmprhtikn 1 pihak sj,tp smua wargay.. amien..

  26. Bangga juga rasanya punya generasi seperti mereka, meskipun mungkin baru sekedar merakit. Tetapi mungkin pada suatu hari nanti kita mampu membuat sendiri dan tidak hanya sekedar merakit tul ga ;)

  27. Kanjeng Arya says:

    Itukan cuma sebatas merakit saja….., bangga sih…dari pada ga bsa sama sekali…..siiip deh…

  28. Aziz says:

    semua karya wong dermayu hebat banget

  29. suhe says:

    wah hebat bangeddddd coba smua sklhan kyk begitu
    mau tuhhhhhhhhh

  30. Fakie says:

    Mohon ijin kang meng-copy berita ini ke halaman :
    http://www.facebook.com/?ref=home#!/pages/Nang-Nok-Wong-Dermayu/127433630623498?ref=ts

    Biar bisa dibaca lebih luas lg.
    Kesuwuun

  31. otonk says:

    mantaf, cara pesan nya gimana, emang harganya berapa?klo pesan ke siapa?

  32. semangat batur kabeh smk 1 losarang!

    sukses selalu!

  33. Akum Hadi says:

    Selamat dan sukses untuk SMKN 1 Losarang
    Semoga terus maju dan jaya Indramayu.
    Dan jangan hanya SMKN nya yang bisa maju
    Petaninya juga harus maju.
    saya tantang ada petani yang ingin mendapatkan panen padi 12 ton per hektar?
    Hubungi 085223064719

  34. subhanallah..maju terus Indramayu!!! aku wong medhion melu seneng. btw,gmana sistem jual belinya?? orang luar Indramayu klo mw beli gmna??harganya?? detail produknya kayak apa???hehe tolong dijawab ya..maju terus Indramayu!!!

  35. Wah luar biasa ya wong Dermayu. Saya sebagai yang berdinas di Indramayu (meskipun bukan asli Indramayu) jadi ikut bangga ;-) .
    Btw, saya beberapa kali daftar di wiralodra.com tapi kenapa selalu gagal ya??

  36. dondonz says:

    cool…… sing penting sukses terus ya wong dermayu…

  37. imad says:

    kita jaluk cie Laptope xixixixixi

  38. myu says:

    Untuk kang asep+oding: Saya kira sebenarnya sudah pada tahu tentang siapa yang membuat komponen itu. Namun, mungkin apa yang dilontarkan saudara oding hanya pada permasalahan kata saja yaitu antara “merakit dan membuat”. Ijinkan saya mencoba menabak arah pemikiran saudara oding yang tidak setuju dengan kata “MEMBUAT” diantara kalimat berikut:

    “Siswa siswi SMK ini memang dilatih sebagai ahli teknologi (komputer). Mereka belajar untuk memperbaiki, merakit, hingga membuat sendiri laptop mereka.”

    Makanya saya gariskan cuma “membuat atau merakit”, hanya sekedar meluruskan saja. Membuat laptop berarti membuat semuanya termasuk komponen sedangkan merakit berarti ada barang setengah jadi yang bisa jadi di import lantas kemudian merangkainya sehingga menjadi sebuah laptop. Dalam artian membuat mempunyai tahapan proses yang panjang. Sehingga pada intinya mungkin memilih kata-kata yang tepat untuk penyempaian berita itu (he….2), EYD banget yah? Telalu baku euy…..ha…2

    Justru itu kang asep, klo memang sudah bener memproduksi, dan sudah banyak yang memesan kenapa tidak secepatnya dibuat merk nya, terus daftarkan ke HAKI-nya.Bukankah itu juga bentuk pundi-pundi pengembangan??????imbasnya saya kira, nama mereka semakin besar….Why not? Bayangkan lho sudah sampe 30-40 laptop yang dipesan. Ini memang tidak mudah diperlukan uluran semua komponen termasuk pemda indramayu. Belum lagi apabila dinas pendidikan Indramayu yang setiap tahun membeli laptop dengan ju,lah banyak, dalam pengadaan barang jasa kenapa tidak membeli produk sendiri itu, yang tentu saja sudah mempunyai “label” dunk……..teradaftar , legak secara hukum.

    Apakah kang Asep tahu berapa belanja modal untuk pembelian laptop di pemda indramayu setiap tahun? Jika ini bisa di manfaatkan, maka akan semakin bertambah wow….saya tidak dapat bayangkan itu….

    Any idea?…..

  39. Adhi says:

    @asepsaiba:
    betul itu…..!
    Meski merakit terbilang mudah, tp TI di Indonesia masih kurang membudaya! Jadi meskipun cuma merakit, tp di Indonesia itu merupakan suatu perkembangan yg cukup bagus. Dukung Terus…….

  40. asepsaiba says:

    Bagaimanapun, kita mesti appreciate terhadap apa yang sudah mereka hasilkan.. Sudah pasti, komponennya tidak diproduksi sendiri (di INdonesia pun hanya segelintir komponen yang bisa dibuat di sini). Mungkin saja ini adalah AWAL, untuk pengembangan yang lebih MAJU lagi…

    Jangan patah semangat adik2-ku….

  41. myu says:

    boleh juga, cuma merakit atau membuat komponen pak? apakah itu murni memproduksi atau memang praktek siswa? Kalau memang bener memproduksi, dan sudah banyak yang memesan kenapa tidak secepatnya dibuat merk nya, terus daftarkan ke HAKI-nya.

  42. Oding says:

    Mohon maaf……… membuat seluruh komponen, atau merangkai dari masing-masing bagian? Kalau hanya merangkai, ya tetaplah negara Taiwan, Amerika atau Malaysia yang diuntungkan. Karena negara-negara itulah yang memiliki “lembah-lembah silikon” yang merupakan bahan baku utama seluruh komponen komputer, termasuk laptop.
    Maaf… sekali lagi, hampir semua SMK dimana-mana, bisa merakit, bukan membuat. Maaf…….

  43. adam hawa says:

    dermayu hebat lah tapi kudu ana semiinar tentang sejarah imy cz selama ini simpang siur sejarah imy yang sebenarnya…pisss ahhhhhhhhhhhhhhhh

  44. rudin says:

    Saatnya Indramayu Maju, Pemda Indramayu harus perhatikan Pendidikan Indramayu jangn hanya buang buang dana untuk pilkada, Ayo majulah Pelajar Indramayu

  45. Goesti says:

    wes mantep temen… laka salae kih lamon diliput lansung saat produksi… mantap maju terus wong dermayu..

Leave a Reply

Free WordPress Theme