|

Revisi Legenda Wiralodra Indramayu

Banyak yang ingin tau tentang sejarah  atau legendra kota Mangga indramayu yang terkenal dengan Raden Wiralodra, sebungan dengan ini saya sebagai blogger Indramayu ikut adil dalam meluruskan sejarah indramayu yang sebenarnya yang di sadur dari berbagai pihak dan berbagai sumber yang asli dari indramayu .

kaget dan senang Legena Indramayu akan di tayangkan di Tv Indosiar Tayang: 26-Nov-2010 09:30 WIB

Ini Cuplikannya Sebagai seorang dewi dari Istana Langit, Darma Ayu harus menelan nasib pahit karena jatuh cinta pada Wira Lodra anak seorang tumenggung yang sakti mandraguna. Karena nekat melawan larangan Istana Langit, Darma Ayu akhirnya dibuang ke Bumi.

Dalam pengembaraannya, Wira Lodra yang sempat menolak cinta Putri Kedasih bertemu Darma Ayu dan jatuh cinta. Demi cintanya, ia bahkan nekat mengejar Darma Ayu ke Istana Langit. Disanalah pria itu baru tahu kalau wanita yang dicintainya dianggap telah ternoda karena mencintai manusia dan dibuang ke Bumi atas perintah Ratu Langit.

Setelah melalui berbagai petualangan, Wira Lodra akhirnya bisa bertemu lagi dengan Darma Ayu yang telah menjadi ratu kecil di sebuah daerah yang baru dibangun oleh penduduk di tepi sungai Cimanuk.

Bersama-sama, keduanya membangun daerah baru tersebut. Namun, kebahagiaan itu rusak oleh kemunculan Putri Kedasih yang mengaku telah dihamili Wira Lodra. Keruan saja, Darma Ayu kecewa setengah mati setelah tahu kalau Wira Lodra ternyata bukan lagi seorang jejaka melainkan calon ayah.

Walaupun Wira Lodra sudah bersumpah tidak pernah melakukan apa-apa, Darma Ayu tidak percaya dan memutuskan untuk pergi. Keruan saja, Wira Lodra patah hati dan marah besar pada Putri Kedasih. Rupanya, kehamilan itu hanyalah siasat untuk menghancurkan kebahagiaan Wira Lodra dan Darma Ayu.

Dengan bantuan Guru Sambega, Wira Lodra akhirnya berhasil membongkar kebohongan dan sandiwara Putri Kedasih. Dalam keadaan kaget, Putri Kedasih dihantam oleh kenyataan bahwa Guru Aji yang membantunya supaya terlihat hamil dengan aji-ajian mendadak meninggal dunia.

Akibatnya, perut Kedasih buncit selamanya seperti orang hamil namun tidak akan pernah melahirkan. Sementara itu, Wira Lodra hanya bisa menyesali kepergian Darma Ayu dengan menyebut panggilan sayang Darmayu dalam tangisnya. Konon, dari Darmayu itulah nama kota Indramayu berasal.(indosiar.com/4nd/mdL)

Bagaiman menurut anda?

Tags:

20 Responses for “Revisi Legenda Wiralodra Indramayu”

  1. Ayah Widha says:

    semua orang ngomong apa,
    pada sok tau sejarah indramayu aja lu pada,
    termasuk Ang On yg pada waktu menikah gesan ulung itu bukan raden arya wira lodra, tp wira lodra ke 2 yaitu wira permoda alias jaka tarub alias pangeran penganjang,
    coba kalo lu pada pengen sejarah indramayu lu datang kesini biar jgn pada gede bacot di dumay,

  2. Wong Reang says:

    Bicara mslh legenda, sah2 sja orng beropini apa… Bukan brarti syirik, Musyrik, ataupun Bid’ah.. Legenda y lgenda, hnya sbuah crita dan g bs d jdikan rujukan, tp ckp skdr tau sja…
    Setau saya stlah bnyk ngbrol dgn para sesepuh di Haurgeulis (slh satu kecamatan d wilayah Indramayu), pda saat itu Singalodra memerintahkan anaknya Raden Arya Wiralodra untuk memperluas kekuasaan. Di saat yg bersamaan kerajaan Sumedang Larang d bawah pimpinan Prabu Geusan Ulun (putra Ratu Pucuk Umun) sdang berjaya, wilyh kkuasaannya sampai ke wilayah barat Indramayu saat ini.. Oleh karena itu Raden Arya Wiralodra menyamar menjadi seorang gadis cantik bernama Nyi Endang Dharma.. Singkat cerita, Prabu Geusan Ulun terpikat oleh Nyi Endang Dharma yg tdk lain & tdk bkn adlh Raden Arya Wiralodra… Lalu dlm penyamarannya, Raden Arya Wiralodra meminta kepala kijang serta seperempat wilayah kerajaan Sumedang Larang untuk d jadikan maharnya, meliputi Gantar, Haurgeulis, Anjatan, Kandanghaur,Gabus, Bongas. Setelah Prabu Geusan Ulun mengetahui wujud asli dr Nyi Endang Dharma adalah Raden Arya Wiralodra, maka Prabu Geusan Ulun mengeluarkan kutuk pati berupa “bakal bnyk turunan Wiralodra menjadi waria”. Oleh krna itu hingga saat ini bgtu bnyk waria d kampung tercinta Indramayu (itu hasil survei)…
    Ya mngkin itu spnggal lgenda yg sya ktahui, prcya tdk prcya itu cm lgenda.. Namun ad beberapa fakta unik lho:
    1. Kepala Kijang yg dlu d jadikan mahar saat ini mnjadi simbol Indramayu.
    2. Nama Haurgeulis (haur = bambu, Geulis = Cantik), Gantar = Bambu untuk mengait, Anjatan/hanjat (tanjakan, naik), dll… Itu nama2 dr bhsa Sunda, pdhl mayoritas Indramayu itu jawa.
    3. Bgitu bnyk waria d Indramayu & itu btul brdasarkan hsil survei Badan Perlindungan Wanita…
    4. Wilayah Barat Indramayu apalgi perbatasan Sumdang meliputi Gantar & Haurgeulis mayoritas sunda…

    Namun satu plajaran yg prlu qt ambil hikmah, ktika Prabu Geusan Ulun tertipu oleh Raden Arya Wiralodra, walaupun smpt mengluarkan kutuk pati namun Prabu Geusan Ulun mengakui kekalahannya dan rela melepas sbagian wilayahnya krna memang itu jnji yg d ucapkan pd saat menikah…

    putra Haurgeulis…

  3. Frenky M says:

    Wiralodra adalah putra dari Adipati Gagak Singalodra. suatu ketika ia diberi perintah oleh Sultan Demak untuk membuat pelabuhan persinggahan di muara Sungai Cimanuk (dulu sungainya masih besar), sebagai upaya sisat kasultanan Demak menyerang Sunda Kelapa yang sudah dikuasai oleh Portugis. Wiralodra menyanggupi perintah ini, ia dan pembantunya Ki Tinggil membangun pelabuhan di muara sungai cimanuk dengan mengajukan izin dulu kepada Sutan Cirebon, Sunan Gunung Jati dan Raja Kerajaan Galuh Pakuan, dikarenakan muara Sungai Cimanuk yang akan dibabad tersebut masih dalam wilayah Kerajaan Galuh Pakuan.

  4. nunu says:

    kaga bener…..kacau balau….mitos tahayul….tidak ilmiah….org indramayu kl yakin sama ginian berarti masih bermental suka dibodohi dulu oleh Belanda kl sekarang sama pemerintah indramayu yang meresmikan sejarah indramayu versi MITOS dari babad Dermayu…….asyikkkkk tambah ga maju bae wong dermayu teruuuuuuussss dibodohi dengan dongengan anak kecil tanpa berpikir sejarah yang ilmiah sesuai sejarah indonesia nyambngnya DIMANAAAAA sodaraaa MIKIRRRR GAHhhhhh

  5. baridin says:

    raden arya wiralodra adlah murid sultan cerbon yg diutus tuk mendirikan padepokan di barat cirebon,namun dalam perebutan wilayah sumedang dan merubah wujud menjadi wanita saking saktinya,raja sumedang jatuh cinta dan akhirnya menikah,lalu ksatria wiralodra meminta wilayah kpada sangraja dan disetujuinya.daan berubah wujud kmbali menjadi laki2,wilayahnya berhasil dimiliki wiralodra,hebat pisan indramayu,

  6. baridin says:

    indosiar ceritanya campuran fiktip namany aja nyari yg seru seru,cerita hayalan,ga percaya bener

  7. baridin says:

    aku pernah dengar bahwa indramayu cerita wiralodra kawin dengan raja sumedang dan menyamar menjadi pempuan,jadilah endang darma ayu

  8. KACUNG BILUNG says:

    kula maksih turunan dermayu…Cape tiyang sepuh (mbah putri/mbah Darinah) sing asale saking dermayu, bhw beliau adalah cucu mbah Umar Sasrawiguna..yg msh keturuan mBah Wiralodra ke ? barangkali bisa dicari anggota keluarga yg masih ada di Indramayu.

  9. mamank says:

    saya bingung, apa emang benar sosok seorang wiralodra seperti itu? apa kita sudah pernah hidup di jamannya? kok mereka berani meyakini kalo gambar tersebut wiralodra… semua orang terkesan mencari sosok seorang wiralodra bukan ajaran yang dibawa oleh wiralodra untuk bumi dermayu yang loh jinawi… lalu siapa nama asli dari wiralodra tersebut? kalo menurut hemat saya, wiralodra tersebut bukan nama seseorang tetapi wiralodra itu gelar yang diberikan oleh kerajaan atau orang lain. meskinya kita mencari filosofi yang terkandung di dalam wiralodra itu sebagai jati diri rakyat dermayu sehingga indramayu ini makmur. mohon untuk dicermati kembali!

  10. yg percaya cerita d atas dudu wong dermayu!!
    wiralodra adalah pendekar yg sakti dr bagelen. dy pernah jd santri cirebon. kemudian dpt wangsit dr guru’y. wahay wiralodra km pergilah k barat carilah hutan yg dkt sungai cimanuk. lalu km dirikan sebuah padepokan dan km akan hidup makmur? BERSAMBUNG

  11. hendri says:

    Sejarah dermayu ora pati weruh…masih kalah sejarah cirebon…isin dadi wong dermayu

  12. Pelangi Flora says:

    Percaya kepada hal-hal yang tak masuk akal seperti mitos ataulegenda itu menjurus kepada SYIRIK! Buat apa hal-hal seperti itu di-highlight! Kalo mau, ditelusuri saja sejarah secara ilmiyah – khusunya setelah fase Kesultanan Cirebon (Islam) – supaya lebih masuk akal. Boleh melakukan apa saja, asal jangan yang melanggar syariat dan berbau syirik yang merusak aqidah umat. Salam..

  13. Gamar says:

    Sing ora percaya ning cerita tulisan ning duwur, kuen dudu ASLI WONG INDRAMAYU baka pengen weruh nginepa lan turua ning Desa Pekandangan lan sekitare trus takona ning masyarakt sing wis SEPUH ….. !!!

    Ini Terjemahannya.

    Bagi yang tidak percaya dengan cerita di atas tersebut!!!!! ” ITU BUKAN ORANG ASLI INDRAMAYU ” Kalau NT Kepengen tahu mampir dan tidurlah barang beberapa hari di Desa Pekandangan dan sekitarnya trus bertanyalah sama orang yang di tua kan oleh masyarakat sekitar!!!!!.

  14. Gamar says:

    Sing ora percaya ning cerita tulisan ning duwur, kuen dudu ASLI WONG INDRAMAYU baka pengen weruh nginepa lan turua ning Desa Pekandangan lan sekitare trus takona ning masyarakt sing wis SEPUH ….. !!!

  15. karya says:

    cerita ngawur tidak sesuai dengan sejarah yang beredar indramayu sebenarnya…. ini bisa menyesat akan bisa membikin rancuh sejarah… indosiar kalau menyiarkan sejarah harus diteliti dulu…jangan asal aja..

  16. alik says:

    yang ane tau babad dermayu lebih banyak mitosnya daripada sejarah ilmiahnya.. klo memang nggak ada bukti-bukti ilmiah ane kira enggak pantas klo sejarah dicampur adukkan ama cerita mitos.. Klo Indosiar mah semua orang juga tau klo tayangannya memang lebay..

  17. brichana says:

    legenda dan sejerah…tergantung orang yg menceritakannya. benar atau tidaknya perlu penelitian yg menghasilkan bukti konkret

  18. Yugi says:

    Punten Untuk Lukisan Aria Wiralodra “mohon jagan diedit dan/ ditambah gambar/logo apapun”
    ontuk diketahui Lukisan Aria Wiralodra berlisensi

  19. Casdira says:

    Dari dulu saya tidak begitu tertarik mengikuti babad Dermayu, karena susah membedakan antara sejarah yg ilmiah dan mitos yang terselip di dalamnya…

  20. myu says:

    “Sebagai seorang dewi dari Istana Langit, Karena nekat melawan larangan Istana Langit, Darma Ayu akhirnya dibuang ke Bumi”

    Salah satu penggalan tersebut apakah bermakna konotasi ataukah denotasi? artinya jikalau denotasi, berarti sama saja dengan mitos….kita mendambakan sejarah yang benar2 ilmiah. Jelas ini diperlukan penelitian yang serius. Jangan berlandaskan pada hukum sunatullah, keculi untuk yang berkaitan dengan agama, baru harus ainul yaqin…

Leave a Reply

Free WordPress Themes